Kamis, Mei 29

Gulai Plièk U, Gulai Patarana

Gulai Pliek adalah kuliner khas Aceh yang terbuat dari berbagai campuran sayur-mayur ditambah bumbu andalan yang hanya ada di Aceh, pliek u. Pliek u adalah bumbu yang terbuat dari kelapa parut yang telah dikeringkan (dibusukan) diterik matahari berhari-hari. Karena sudah berhari-hari disengat matahari, pliek ini dapat tahan hingga bertahun-tahun. Pliek u tak hanya dipakai sebagai bumbu sayur, juga sedap bila dimakan sebagai cocolan buah mangga 'putiek' atau jambu batu.

U dalam bahasa Indonesia adalah kelapa, tapi susah menerjemahkan pliek ke dalam bahasa Indonesia. Namun bila ada yang bertanya pada orang Aceh, mereka akan menjawab 'pliek u' itu Patarana. Jelas dalam Kamus Besar Bahasa  Indonesia istilah patarana tak tercantum. Ini hanya jargon untuk mengganti nama pliek. Jargon ini muncul saat seorang Aceh ingin beli 'pliek u' pada seorang Indonesia.


Pembeli : "Hai Bang, na pliek u?"
Penjual  : "Apa itu pliek u?"
Pembeli : (bingung menerjemahkan pliek u dalam bahasa Indonesia) "Patarana, Bang" Jawab pembeli tanpa pikir panjang.


Tidak ada yang tau kenapa pembeli itu menyebut patarana dan tidak ada yang tau cerita itu fakta atau hanya fiktif belaka, yang jelas patarana itu adalah pliek u.



Kembali ke Gulé Pliék. Gulé pliek dapat kita temukan di semua rumah makan khas Aceh. Gulai ini sedap di santap bersama ikan asin yang digoreng rapuh. Ditemani dengan minuman segar Es timun khas Aceh. Mmmm, membuat rasa lapar menjadi-jadi.

Bagi yang ingin masak sendiri gulè pliek ini, kali ini saya akan bagi resep dan cara membuatnya. Anda harus membuatnya dalam porsi besar, agar tetangga dan sanak saudara dapat merasakan lezatnya gulè pliek buatan Anda. ^_^

Resep Gulè pliek ala Keluarga SP :
Bahan:
Daun melinjo
Buah melinjo
Kacang panjang
Daun singkong
Buah pepaya muda
Buah nagka muda
Bawang merah iris kasar
Serai iris kasar
Cabe hijau iris kasar
Santan
Garam

Bumbu halus:
15 buah cabe merah
8 buah cabe rawit
5 buah bawang merah
2 ruas lengkuas
2 sendok ketumbar
4 sendok plièk u

Cara membuat:
Panaskan air, masukkan semua bahan yg telah dipotong-potong. Masak hingga sayuran empuk. Masukkan bumbu halus. Aduk. Tambahkan santan. Aduk hingga masak. Jangan lupa tambah garam. Gulai Plièk siap dihidangkan.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...